Ulasan MSI MAG271R: 1080p 165Hz VA FreeSync Gaming Monitor

MSI MAG271R adalah monitor gaming VA 1080p 165Hz yang, tidak seperti kebanyakan model VA dengan kecepatan refresh tinggi, memiliki layar datar. Jadi, mereka yang tidak bisa menghindari layar melengkung sekarang akhirnya dapat memilih layar 1080p 144Hz+ VA, untuk informasi monitor gaming canggih lainnya di ulasan aoc ag273qcx 1440p 144hz freesync curved gaming monitor.

Kualitas gambar

Berdasarkan panel VA (Vertical Alignment) dengan rasio kontras statis 3.000:1, luminansi puncak 300-nit, dan kedalaman warna 8-bit sejati dengan gamut warna yang diperluas (118% sRGB, 92% DCI-P3) , MSI Optix MAG271R menghadirkan kualitas gambar yang imersif dengan warna hitam pekat dan warna yang nyata.

Resolusi 1080p-nya, bagaimanapun, tidak sempurna mengingat ukuran layar 27″ karena menghasilkan kerapatan piksel di bawah rata-rata 82 PPI – piksel per inci.

Jadi, gambarnya agak pixelated, tetapi pada tingkat yang dapat ditoleransi. Namun untuk tujuan hiburan, seperti menonton video dan bermain video game, sudah cukup baik.

Lampu latar monitor menggunakan DC (Direct Current) untuk mengatur kecerahan, jadi tidak ada kedipan yang, bersama dengan filter cahaya biru rendah bawaan, memastikan pengalaman menonton yang nyaman.

Selain itu, monitor MSI MAG271R menampilkan sudut pandang lebar 178 derajat yang berarti bahwa gambar tidak akan berubah warna, kontras, atau kecerahan saat Anda melihatnya dari sudut tertentu, jika Anda ingin membeli monitor gaming terbaru dan tercanggih Anda dapat membelinya di Gaming Monitor Singapore dengan harga terjangkau.

Pertunjukan

Input lag MSI MAG271R mencapai ~4ms, yang lebih dari cukup cepat untuk menghilangkan penundaan yang nyata antara tindakan Anda dan reaksi di layar.

Dalam hal kecepatan waktu respons, yang merupakan jumlah waktu yang diperlukan piksel untuk berubah dari satu warna ke warna lain, MSI tidak menentukan transisi piksel standar abu-abu ke abu-abu (GtG).

Sebagai gantinya, mereka hanya menentukan kecepatan 1ms MPRT (Moving Picture Response Time), yang dicapai melalui lampu latar strobing.

Untuk mengaktifkan 1ms MPRT, Anda masuk ke menu OSD (On-Screen Display), dan atur opsi Response Time ke ‘Fastest’ atau aktifkan fitur Anti Motion Blur. Kedua hal melakukan hal yang sama; mereka mengaktifkan nyala lampu latar, yang mengurangi kekaburan gerakan yang dirasakan dari objek yang bergerak cepat.

Namun, ketika 1 ms MPRT diaktifkan, kedipan layar akan muncul, dan meskipun tidak terlihat oleh mata manusia, mereka yang peka terhadapnya mungkin mengalami sakit kepala setelah menggunakan monitor dalam waktu lama.

Selanjutnya, 1ms MPRT mengurangi kecerahan maksimum layar saat aktif, dan tidak dapat bekerja pada saat yang sama dengan FreeSync/VRR (kecepatan refresh variabel).

Jadi, saat tidak menggunakan teknologi Anti Motion Blur, kecepatan waktu respons sebenarnya dari MSI MAG271R mendekati 4ms-5ms (GtG), yang merupakan standar untuk panel VA.

Secara keseluruhan, ada sedikit jejak yang terlihat tertinggal di belakang objek yang bergerak cepat, terutama dalam adegan yang lebih gelap, tetapi kecuali Anda seorang gamer FPS hardcore, itu pasti dapat ditoleransi.

Fitur

AMD FreeSync memungkinkan Anda untuk menyinkronkan kecepatan refresh monitor dengan kecepatan bingkai GPU. Hasilnya, Anda mendapatkan kecepatan refresh variabel yang menghilangkan semua layar robek dan tersendat selama FPS Anda berada dalam rentang VRR monitor, yang dalam hal ini berjumlah 60-165Hz/FPS.

Di bawah 60FPS, LFC (Low Framerate Compensation) ikut berperan dan memaksa tampilan untuk melipatgandakan frame rate untuk kinerja yang lebih mulus. Misalnya, pada 50FPS, kecepatan refresh akan mencapai 150Hz.

Meskipun tidak disertifikasi oleh NVIDIA sebagai kompatibel dengan G-SYNC, Anda dapat menggunakan FreeSync dengan kartu grafis NVIDIA yang kompatibel.

Namun, beberapa pengguna mengalami kedipan kecerahan saat FreeSync/G-SYNC diaktifkan.

Ini hanya memengaruhi beberapa unit monitor, dan kedipan kecerahan sebagian besar ada di bawah 60FPS dan/atau ketika kecepatan bingkai Anda sangat berfluktuasi.

Sayangnya, masalah ini memengaruhi banyak monitor berdasarkan panel VA Samsung, dan, semoga, pembaruan driver GPU akan memperbaikinya di beberapa titik.

Selanjutnya, tampilan gaming MSI MAG271R 165Hz memiliki joystick OSD 5 arah yang ditempatkan di bagian belakang monitor dan menu yang sangat mudah digunakan, yang membuat penyesuaian OSD dengan mudah dan cepat.

Fitur permainan yang berguna termasuk preset gambar pra-kalibrasi Mode Game (FPS, Racing, RTS, RPG, dan Pengguna), Screen Assistance (bilang kustom), dan Night Vision, yang sebagian besar adalah Black Tuner 2.

Saat diatur ke ‘AI,’ fitur Night Vision meningkatkan visibilitas objek dalam gelap tanpa terlalu mengekspos area terang.

Bila menu OSD tidak terbuka, Anda dapat menggunakan joystick sebagai tombol pintas untuk fungsi OSD tertentu. Misalnya, menekan joystick ke bawah akan membuka pilihan garis bidik Bantuan Layar. Anda juga dapat menyesuaikan pintasan Anda sendiri untuk tombol pintas ini.

Selain itu, Anda bisa mendapatkan aplikasi MSI Gaming OSD untuk ponsel cerdas Anda, yang memungkinkan Anda menggunakan ponsel sebagai remote untuk penyesuaian terkait OSD tertentu, termasuk menyalakan/mematikan monitor, mengubah sumber input, mode permainan, dll.

Desain & Konektivitas

Gaming Monitors MSI MAG271R memiliki desain kokoh dengan lapisan matte hitam/abu-abu tua, bezel tipis, dan lapisan layar anti-silau matte. Layar dapat diatur ketinggiannya hingga 130mm, dimiringkan sebesar -5°/20°, atau dipasang VESA melalui pola 100x100mm.

Pilihan konektivitas termasuk DisplayPort 1.2, dua port HDMI 2.0, jack headphone, dan hub dual-USB 2.0. AMD FreeSync didukung melalui DP dan HDMI dengan rentang VRR 60-165Hz.

Di bagian belakang monitor, terdapat pencahayaan Mystic Light RGB, yang dapat Anda sesuaikan untuk bersinar dalam berbagai warna dan pola.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *